Oleh: RETORIKA | September 4, 2008

Palestina & Georgia Anda Miskin, Anda Ditinggalkan !

Presiden Saakhasvili geram dan kesal bukan kepalang setelah aksi provokasinya terhadap Russia dengan menyerang Ossetia Selatan berakhir dengan dipermaluknya Georgia secara militer. Dukungan Barat yang selama ini telah membuat dirinya terlena ternyata hanya sebatas “kecaman” terhadap militer Russia dan pemerintahan Dimitry Medvedev.

Anda Miskin Anda Ditinggalkan !

Selain dari posisi geografis Georgia yang memang berhadapan dengan Russia, satu satunya keuntungan yang dapat dijadikan nilai jual Georgia adalah dilaluinya Georgia oleh pipa minyak. Lain tidak. Artinya Gerogria yang secara ekonomi amat tergantung dengan Russia dan Eropa barat tidak memiliki nilai jual lain, kecuali menerima keadaan dimana dunia barat yang selama ini amat Saakhasvili sembah2 mencampakan negaranya begitu saja.

Kalaupun bantuan datang nampaknya sudah terlambat. Dimana dua provinsi mereka Abkasia dan South Ossetia telah lepas dari genggaman dan merekapun harus menerima dipermalukan secara militer dan diplomatik. Sebuah pelajaran berharga bagi sebuah negara kecil yang bermain dengan negara Super Power.

Palestina, Lebanon dan sebuah Contoh lain

Bertahun tahun palestina mengusahakan kemerdekaanya, Lebanon yang kedaulatanya yang terbagi bagi. Adalah sebuah contoh lain dari realitas dimana politik akan bergejolak manakala ada kepentingan ekonomi di dalamnya.

Ambil Contoh Kuwait dan Timor Timur, dimana seluruh dunia berlomba lomba menyelamatkan mereka dari genggaman “tirani” karena kedua negara dianggap memiliki SDA yang melimpah. Kuwait berhasi diselamatkan oleh koalisi Dunia, dan kembali makmur. Tidak seperti yang dialami Timor Leste. Apa lacur, dikira emas ternyata hanyalah sampah, Timor Timur ditinggalkan begitu saja oleh Australia. Begitu mengetahui bahwa Timor Timur hanyalah sebuah negara miskin yang tidak memiliki SDA. Kini Timor Timur menjadi sebuah negara gagal yang mengemis kepada Indonesia dan Australia.

Seperti Palestina, Usaha penyelamatan yang dilakukan Anwar Saddat pada tahun 1973 tidak lepas dari keinginan Mesir yang dibantu Suriah dan Jordan untuk menjadi sebuah kekuatan tersendiri di timur tengah. Namun  tatkala Kucuran bantuan ekonomi dari AS mengalir terutama pada Mesir dan Jordan setelah menghentikan konflik dengan Israel. Bahkan Messir dan Jordan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Jika Anda Tidak Memiliki Apa Apa, Jangan Mengharap Apa Apa !

Seperti juga Georgia, Palestina dan Lebanon, jangan pernah mengharap akan ada seorang baik yang datang untuk menolong anda jika anda tidak memiliki nilai jual. Iran dan Suriah yang kerap memberikan bantuanpun terlalu NAIF jika menganggap mereka adalah dewa penolong. Popularitas dalam negri Ahmadinejad dan keinginan Iran dan Suriah untuk tetap eksis di wilayah Timur Tengah sebagai kekuatan yang memiliki “Deterent” adalah salah satu alasan mengapa mereka kerap menolong Palestina-Lebanon.  Sesungguhnya kepentingan dalam negri melebihi ikatan emosional terhadap negara manapun.


Responses

  1. 😉
    Saya suka kata-kata terakhir dan kenyataan memang seperti itu…

  2. Wah, ditunggu analisisnya tentang Taleban Vs SEkutu

  3. well…. brilyant.aku tunggu analisys ttg china vs taiwan

  4. Waktu itu di CNN liat Rice dan Saakhasvili menggelar konferensi pers ke media internasional.
    Bebeda dengan gaya Condolisa yang tenang tapi point2 mantap.
    Saakhasvili malah berapi-api mengecam rusia yang dia bilang the devil, juga negara barat yang tidak melakukan apa-apa untuk mencegahnya.
    Sepertinya dia tidak bebicara buat negaranya, tapi mengumbar emosi sendiri, pantas saja negaranya ketiban pulung ulah presidennya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: