kalau Curang artinya Ahmadinejad telah berkhianat pada rakyat iran!
Kecurangan Kecil Dalam Setiap itu wajar tapi …
Ya wajar bila partai yang sedang berkuasa di pemerintahan memilki keunggulan dibanding partai oposisi dan kecurangan kecil di saat menjelang dan selama pemilu itu wajar terjadi. Hanya saja umumnya kecurangan-kecurangan kecil tersebut tidak memiliki pengaruh signifikan dalam penghitungan hasil akhir pemilu. Hanya saja bila kecuranganya dilakukan secara terang2an apalagi sampai melakukan manipulasi hasil penghitungan suara secara besar besaran maka sudah barang tentu hal tersebut akan diketahui oleh publik terutama partai oposisi yang merasa dicurangi.
Kejanggalan Pemilu dan Penurunan popularitas Ahmadinejad
Menjelang pemilu akses internet di Iran yang biasanya bebas menjadi dibatasi, salah satunya yang menjadi korban siapa lagi kalau bukan facebook. Kampanye partai oposisi pun kerap dilarang. Kelompok pemuda-pelajar dilarang melakukan pemantauan pemilu secara langsung. Hal yang sama tidak perlu ditanyakan kepada pemantau indepeden asing.
Ahmadinejad memang terkenal vokal, namun bagi kelompok anti israel dan barat memang hal ini cukup populer. Tetapi tidak pada kelompok moderat dan mereka yang memiliki visi ekonomik ke depan. Pidato Ahmadinejad yang cenderung ceplas ceplos dan provokatif membuat iran menjadi terisolasi dari pergaulan internasional. Tidak sedikit yang menganggap Ahmadinejad hanya mewakili aspirasi kelompoknya semata ketibang mewakili rakyat Iran keseluruhan.
Seorang Pemimpin yang terpilih atas dasar kecurangan tidak akan sukses dan bertahan lama
Kita bisa lihat usaha AS dalam menjatuhkan Hugo Chavez awal millenium ini, baik referendum maupun kudeta, kendati sempat berhasil namun berkat people power Chavez mampu kembali berkuasa. Begitu juga George W Bush yang awal masa pemerintahanya berhasil mengalahkan Al Gore dengan cara melakukan manipulasi media dan kembali lagi pada tahun 2004 menggunakan cara yang sama dengan mengandalakan isu “Terror Alert” Kendati berhasil berkuasa selama 2 periode akibatnya sangat mahal, ekonomi AS hancur total.
Protes ratusan ribu orang di Teheran menandakan instabilitas politik akibat efek dari pemilu tersebut. Bahkan pemimpin tertinggi spiritual Iran meminta pendukung partai oposisi dan Mousavi melakukan tindakan hukum resmi lewat jalur hukum yang ada. Yang jelas jika kelak terbukti Ahmadinejad melakukan kecurangan yang akan sangat dirugikan adalah rakyat iran. Disamping instabilitas politik kredibilitas Iran pun patut dipertanyakan. Efeknya posisi tawar iran baik di dunia internasional dan di regional akan melemah. Yang patut disalahkan disini tentunya siapa lagi kalau bukan pihak yang berbuat kecurangan tersebut!
NOTE : Ini bukan blog Agama, sehingga pembahasan yang menyangkut isu Sunni – syiah akan dihapus!
isu kecurangan pilpres di iran sebaiknya jangan dibahas dengan membabi buta tanpa bukti-bukti yang jelas dan kuat. .
Seorang Pemimpin yang terpilih atas dasar kecurangan tidak akan sukses dan bertahan lama .. memang betul, contoh keduanya adalah rezim pahlevi di iran yang tumbang dengan sendirinya oleh kekuatan rakyat.
cara berpidato yang vokal dan gamblang itu baik, asal didukung bukti2 yang rasional. saya kira pernyataan2 presiden ahmadinejad selama ini sangat rasional.
By: sudirman on Juni 16, 2009
at 7:44 am
Rasanya bukti yang tertulis disitu sudah cukup jelas kok, bisa dilihat dengan mata kepala sendiri. Kita lihat saja masa depan Iran kedepanya bagaimana.
By: 848 on Juni 16, 2009
at 12:31 pm
Saya jadi ingin dengar komentar para pengagung kebijakan ahmadinejad, dinegara sendiri saja sampai sekisruh ini.
Saya bukannya tidak suka ahmadinejad, saya malah salut, tapi saya rasa kadang juga saya rasa beliau berlebihan.
Sebagai pelajaran saja buat pengagung yang selalu berkoar tidak tunduk pada asing lah (siapa yg tunduk coba?) , pro rakyat lah (siapa yg tidak pro rakyat coba?).
Menurut saya semua itu hanya retorika, janji manis semata.
Populis yg mengatas namakan rakyat biasanya hanya kedengarannya saja bagus, kontrak politik juga sepertinya mirip dengan jual beli suara, penyuapan, padahal belum tentu yang di jual itu bagus untuk long run.
Yah.. buat pelajaran kita juga, mumpung sebentar lagi juga akan memilih presiden, agar lebih dapat melihat jauh kedepan, bukan cuma apa yang kelihatan, dan bisa memilih kontrak yg ditawarkan apakah hanya menguntungkan 1 golongan atau menguntungkan bangsa in long run, juga itikat dalam melakukannya.
By: McGreggor on Juni 17, 2009
at 3:36 am
@ atas
Setuju!
By: 848 on Juni 17, 2009
at 10:40 am
mengeluarkan pendapat (termasuk tentang pemilu Iran) adalah hak asasi manusia.. tapi mesti bijak berdasarkan fakta yang akurat..
By: biro konsultan on Juni 17, 2009
at 11:46 pm
Gw suka gaya lo dalam menulis. Celakanya, jika gaya tulisan lo yang menarik itu harus diragukan oleh banyak pembaca karena minimnya data.
Awalnya gw berharap Anda akan menemukan bukti-bukti kecurangan besar yang dilakukan oleh Ahmadinejad di blog lo. Namun pada kenyataannya, justru membuat gw kecewa. Karena apa yang lo sampaikan bukanlah hal baru dalam wacana ini.
Banyak orang menggembar-gemborkan mengenai ditutupnya facebook (padahal 1hari kemudian dibuka kembali), Ahmadinejad telah memanipulasi hasil perhitungan suara.
Tapi celakanya, untuk yang terakhir itu lo tidak menyampaikan data valid.
Seperti yang lo katakan diblog dinasulaeman. Bahwa tidak ada asap jika tidak ada api.
Tugas kita sebagai blogger yang obyektif untuk mencari tau. Siapa yang sebenarnya menyulut api tersebut. Mari cari dengan mengumpulkan data2 valid.
Semoga lo ndak mengomentari komentarku ini dengan argumentum ad hominem. ‘Ah km ini kan penggemar ahmadinejad, ah km ini kan syiah fanatik makanya berkomentar seperti itu.’
Ayolah kawan, jangan kita terjebak pada lumpur fallacy. Ok brad?
By: ressay on Juni 21, 2009
at 3:50 am
Enggak kok. Gw ga akan bilang lo syiah fanatik. Sumpeh lo.
By: Ahmad Dipecat on Oktober 27, 2011
at 4:33 pm
@ Ressay
ah mana pernah gw ngomong “argumentum ad hominem” 😆
“Mengenai Data Valid, yang bagaimana? Validitas data2 tersebut sendiri hanya akan dianggap valid bagi kelompok yang menginginkan data tersebut menjadi valid”
ok, data valid yang lu minta sejauh ini yang harus disetujui semua pihak adalah lunturnya dukungan mutlak terhadap ahmadinejad, yang selama ini eksist bisa dibilang kini tidak ada lagi. setuju ?
By: 848 on Juni 21, 2009
at 6:17 am
Saya percaya lo berusaha menghindari Fallacy itu.
Itu bukan data valid kawan.
Mengenai lunturnya dukungan terhadap Ahmadinejad, itu pun perlu lagi yang namanya data.
Hasil pemilu menunjukkan bahwa Ahmadinejad menang dengan selisih suara jauh sekali.
Ada manipulasi? Ini yang perlu dibuktikan, karena pada saat perhitungan hasil pemilu, itu disaksikan oleh perwakilan dari para kubu capres, dan juga diliput media massa secara langsung.
So, kita kembalikan pada seruan Ali Khamenei. Silakan ajukan gugatan kepada Dewan Garda untuk menyelesaikan permasalahan ini. Dan hanya Rezai saja yang menyanggupi seruan itu. Sedangkan Mousavi lebih memilih menggunakan perjuangan jalan dan membuat kerusakan.
By: ressay on Juni 21, 2009
at 10:17 am
coba aja kita liat mana yang benar, bangsa islam banyak yang hancur karena pemimpinnya banyak yang tidak jujur,kita tidak tau ahmadinejad gimana…kalau mau maku pemimpinnya harus jujur dulu, liat aja bangsa kita sekarang, apakah sudah maju dan peminpin kita semua jujur, oai kita sendiri masih tidak jujur dalam segala hal kan, mangkanya susah menjadi orang yang maju. barat juga tidak jujur dengan islam, tunggu aja balasannya. apakah nanti ada balasannya pak……!!!!
By: ferry on Juni 22, 2009
at 3:40 am
@ Ressay
Jika memang ada perbandingan prosentasi pemilu 2004 dgn 2009 silahkan dimuat.
sisanya
Kita tinggal tunggu waktu bagaimana perkembangan selanjutnya.
@ atas
Yap, kalo nggak jujur iran akan dirugikan & Ahmadinejad akan hancur dengan sendirinya. Tapi jika ia jujur maka Iran akan stabil dan tetap menjadi balansing di timur tengah.
By: 848 on Juni 22, 2009
at 3:47 pm
@848
Maksudnya apa brow?
Oh y, masalah pemberitaan, aq sepakat untuk cover both side namun tetap bpegang teguh pada prima principia.
Kita terima pemberitaan dari barat dan islam. Kita telusuri mana yg benar?
Masalah demonstrasi, media barat tdk mnulis mengenai massa MAN yg juga turun ke jalan dlm jmlh yg lbh besar.
By: ressay on Juni 23, 2009
at 7:36 am
Jadi bertanya-tanya kan, apa niat para politisi ikutan politik, apakah seorang patriot sejati? Apakah ada tujuan lain?
Kalau saya sendiri memilih bukan cuma kemampuan, tapi juga ketulusan, ya walau kemampuan tetap nomor satu, semestinya kalau sudah ketingkat itu kemampuan harusnya sudah sangat baik (he.. gak juga mirisnya).
Yang penting juga dia harus logis, sangat masuk akal jika berargumen, dengan begitu karena dikelilingi orang orang pintar (juga tikus2) dia juga bisa memilih mana pendapat logis yang bisa ditangkap.
Orang logis cepat menyerap ilmu, orang tidak logis tetap bebal.
Jadi kepikiran, orang atheis pasti sangat logis, kalau indonesia makin banyak orang atheis akan jadi sangat maju kah?
By: McGreggor on Juni 23, 2009
at 12:35 pm
Kita pun harus mampu membedakan antara masuk akal dengan logis.
By: ressay on Juni 23, 2009
at 5:08 pm
@ Ressay
Perbandingan hasil pemilu 2005 yang telah membawa ahamdinejad ke kursi presiden dan hasil pemilu saat ini.
dari situ kita bisa melihat tingkat popularitas seorang capres tersebut.
Alergi akan media barat mengenai liputan tentang Iran kebanyakan didasari prasangka mengenai usaha barat memperlemah iran.terlepas dari hal tersebut bisa dijadikan perbandingan tersendiri.
Soal liputan mengenai pendukung ahmadinejad sejauh ini disiarkan kok di BBC/CNN soalnya kalo begadang aku watch terus ko di tivi.
@mcgreggor
tidak perlu menjadi atheis untuk menjadi seorang yang logis. Selama seseorang bisa menjaga emosi dan berpikir jernih dalam memilah mana yang merupakan hal pribadi mana yang umum, maka kecemerlangan itu bisa didapat. Disitulah kaum sekuler berdiri 😉
By: 848 on Juni 23, 2009
at 5:58 pm
Ini cuma opini saya saja, BBC/CNN sepertinya lebih memihak barat.
Sepertinya di gembor2kan sekali kalau pemilu Iran itu curang.
Televisi di Indonesia biasa saja menanggapinya, karena kita tidak ada kepentingan disitu.
By: Pulsa on Juni 24, 2009
at 6:10 am
kalo gw menyayangkan kondisi Iran,
seorang “pemimpin” (pimpinan) yg seharusnya bisa mengajak kepada kebaikan malah menyerukan kerusuhan,
bagaimana mungkin orang seperti itu disebut pemimpin?
jika memang ada kecurangan, tolong dibuktikan di meja hijau, jangan mengerahkan massa yg lama-lama akan menimbulkan kontak fisik.
kebenaran tidak bisa ditegakkan dengan kemungkaran.
dan setiap calon pemimpin harus arif dan bijaksana dalam berpikir dan bertindak.
jika mengedepankan ego dan emosi, mereka tidak layak menjadi pemimpin.
By: íçâŀβгөẅή™ on Juni 24, 2009
at 6:14 am
@pulsa
kalo aljajera gimana ?
By: íçâŀβгөẅή™ on Juni 24, 2009
at 6:16 am
@848
Gmn perbandingannya?
Sebetulnya ingin saya tidak anti media barat. Tapi adanya beberapa manipulasi yang dilakukannya membuat saya mempertanyakan kembali kredibilitas dan profesionalitas mereka. Sama seperti eramuslim. Sekarang aku lebih berhati-hati lg dalam menelan tulisan2 mrk.
By: ressay on Juni 26, 2009
at 5:10 am
@ ressay
tahun 2005 ahmadinejad dapate berapa % ? sekarang dapet berapa persen ?
setiap media pasti ada biasnya, tergantung kebutuhan mereka baik secara ekonomis (Rating) atau kepentingan politis negaranya. Itulah makanya dibutuhkan beberapa media sekaligus dari beberapa kutub untuk dijadikan referensi.
.
By: 848 on Juni 26, 2009
at 5:42 am
@848
Kamu punya datanya gak tentang perbandingan itu?
Makanya kita harus cover both side.
By: ressay on Juni 28, 2009
at 8:51 am
gak punya , makanya gw minta 😆 (kalo ada)
By: 848 on Juni 28, 2009
at 11:46 am
coba aja minta ama bu dinasulaeman.
By: ressay on Juni 28, 2009
at 5:24 pm
mintain dong, biar lebih afdol 😆 jadi bisa didiskusikan lebih lanjut.tapi sebaiknya baru dibandingkan setelah perhitungan ulang selesai.
By: 848 on Juni 29, 2009
at 10:06 am
data apapun yg kalian mint te2p ng’ da pengaruhnya buat pemilu iran………
yg buat kacau ya amerika dan israel….
mereka mendanai demonstrans anti ahmadinejad…
tapi gw berharap ahmadinejad ng’ lakuin kecurangan…..amin….
hidup ahmadinejad….perang armageddon ampir dkt,smoga iran ikutya membela islam…….ahmadinejad maju trusz
By: bobby on Juli 3, 2009
at 4:47 am
diskusi nggak akan pernah bisa berkembang jika sedikit2 langsung menyalahkan amrika & israel. kalau terus begitu artinya tidak perlu diskusi toh hasilnya sama saja …
By: 848 on Juli 3, 2009
at 10:37 pm
terima kasih ulasannnya
By: Stop Dreaming on Juli 5, 2009
at 9:10 am
kalau ane sih ngelihatnya,bermula dari kegerahan pihak barat dan sebagian negara konconya di eropa dengan kepemimpinan yang perlihatkan ahmadi nejad selama ini.Siapapun harus jujur bahwa selama ini pidato2 ahmadi nejad selalu menyuarakan tentang keadilan,hak2 asasi secara universal.
Saya bukan syi’ah tapi bukan itu yg jadi barometer pendapat saya.Hanya satu dua atao tiga saja pemimpin negara yang selalu tegas dan komitmen menyuarakan keadilan ketika berpidato dalam sidang2 PBB,Ahmadi nejad (iran),venezuela dan libiya.Dan ini komitmen selalu di suarakan agar terciptanya keadilan dan demokrasi.Berbagai penghianatan barat pada demokrasi sudah sangat banyak bukan??..
Barat dan sekutunya tentu berharap terjadi perubahan dalam pemerintahan iran,paling tidak mengikuti apa yang di kehendaki mereka.Dan salah satunya Ahmadi nejad harus mundur.Saya sebagai orang awam punya pemikiran,bisa saja barat cs ikut andil dalam berbagai kecurangan yang terjadi di iran,agar pemilu yah dianggap curang.atau sengaja masuk dan memprovokasi oposisi di iran.yaaah namanya juga politik..
By: kombayana on November 18, 2009
at 8:05 pm
Yang penting damai saja warganya, tidak pada perang.
By: Nunung on September 22, 2013
at 12:08 am