Oleh: Mbah (‾ϖ‾) Dukun | April 20, 2009

Plin Plan dalam menuntut Roxana Saberi, Kredibilitas Pengadilan Iran Diragukan

Tuduhan Spionase pada Jurnalis itu Wajar, tapi …

Hukuman 8 tahun bagi pelaku tindakan spionase itu termasuk sangat ringan karena pada umumnya pelaku tindakan tersebut biasanya diganjar hukuman seumur hidup atau hukuman mati!  Tetapi tidak untuk Roxana Saberi 31 tahun. Jurnalis dan Koresponden CNN keturunan Iran berkewarganegaraan AS ini mendapat vonis tersebut dikarenakan sang jaksa beberapa kali mengganti tuntutanya. Dari semula dikarenakan ia Bekerja dengan kartu jurnalis kadaluarsa, kemudian dirubah dengan alasan tidak mengenakan jilbab sebagaimana mestinya (negara berbasis theokrasi umumnya mengatur budaya penduduknya dengan ketat) lalu dirubah lagi dengan tuduhan membeli minuman keras (negara Islam melarang penduduknya mengkonsumsi minuman tersebut, sekalipun mereka beragama non islam) dan pada akhirnya tuduhan sebagai Spionaselah yang digunakan. 

Keputusan Tersebut merupakan tindakan kontra produktif 

Di saat pemerintahan baru  AS mendapat berbagai simpati, diantaranya usaha Obama memperbaiki hubunganya dengan Kuba dan Venezuella, Pengadilan Iran justru membuat blunder dengan jatuhnya vonis tersebut. Kendati presiden Iran Ahmadinejad meminta pengadilan bertindak seadil adilnya namun terkesan karena  bergonta-gantinya tuduhan terhadap Roxana Saberi membuat dunia curiga pada putusan pengadilan Iran tersebut. Pasalnya terbaca dengan jelas bahwa pergantian tuntutan oleh jaksa dilakukan untuk mendapat vonis terberat dan mendapatkan perhatian dunia internasional Biasanya jika seseorang dituduh sebagai Spionasi umumnya dari awal tuntutan yang dituduhkan kepadanya adalah Spionase alias straight to the point. Agaknya ini merupakan PR bagi pemerintah Iran agar memastikan sistem peradilan negaranya, karena isu tersebut sangat sensitif dan dapat mempengaruhi kredibilitas Iran di dunia intenasional. 

Link : Ressay

About these ads

Responses

  1. Ya…itulah yang namanya double-minded di pemerintah Iran, oh…. dan juga double-tounged. Benar-benar sangat “human”lah pemerintah Iran ini.
    Bila pemerintah Iran bisa konsisten, maka dunia Barat bisa geger…saking terkejutnya melihat perubahan di Iran.

  2. AKu gak begitu mengikuti persoalan itu.

  3. kejadianya bersamaan dengan pidato Ahmadinejad saat konfrensi anti rasism PBB

  4. masalah kecil yang di perbesarkan saja …
    hanya pihak-pihak tertentu saja yang mau intervensi hukum negara orang lain, cobalah untuk menghormati hukum negara orang lain. jangan kebiasaan aah.

    • siapa yang mau mengintervensi ? komentar model begini biasanya komentar orang2 yang sekali baca dan berusaha tampil sebagai penengah yang bijak sana. Jangan kebiasaan aah!

  5. Heran kok bisa mudahnya menduga ada interevensi terus.? Padahal komen sebelumnya ada tulis bahwa kejadian itu terjadi bersamaan dgn pidato Ahmadinejad saat konfrensi anti rasism PBB.

    Alasan dangkal yang plin-plan jugalah, sama kayak pemerintahan Iran di sana, gak konsistenlah gara-gara ada motif yang sama dari dulunya yang tidak pernah berubah.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: