Oleh: Orang Aneh | November 7, 2008

Amrozi Cs Di Eksekusi, Percuma Jika Tidak Disertai Kemakmuran !

20080721_amrozi_still_smiling

kegembiraan Amrozi Saat divonis mati – sekarang malah menolak habis habisan

Eksekusi Mati Pantas Bagi Amrozi Cs

Membunuh lebih dari 200 orang, merusak perekonomian Bali, melakukan penodaan terhadap agama hingga melakukan tindakan yang mengancam integrasi bangsa rasanya hal itu cocok disematkan kepada tiga anggota JI yang baru saja di eksekusi tersebut.

Apapun alasanya apapun dalihnya kelakuan mereka memang tidak bisa di tolelir, karena tidak saja orang yang tidak berdosa kehilangan nyawa, banyak dari mereka yang cacat seumur hidup bahkan kehilangan pencaharian atas ulah mereka. Rasanya julukan pendukung teroris pantas diberikan bagi mereka yang mendukung tindakan amrozi cs tersebut.

Eksekusi Bukan Balas Dendam, Tetapi sebuah Pelajaran dan Pencegahan disentegrasi Bangsa

menurut sebuah ajaran agama tertentu, seorang pembunuh harus di bunuh, kecuali mendapat pengampunan dari keluarga korban. Sedangkan di negara kita dan umumnya negara yang memiliki perangkat hukum yang lebih modern dari sekedar aturan hukum yang berusia ribuan tahun, mereka lebih lunak dalam memberikan hukuman bagi pembunuh. Karena mereka biasanya melihat latar belakang dan alasan terjadinya pembunuhant tersebut. Namun rasanya bila berkaitan dengan hukuman bagi pembunuh masal dan terorisme, seluruh negara didunia akan menempatkan pelakunya kedalam daftar – death row alias hukuman mati atau minimal hukuman seumur hidup! Jadi apapun dalihnya apapun dasar hukum yang dipakai rasanya hukuman mati bagi ketiga tersangka teroris Bom Bali memang pantas untuk dilaksanakan.

Bila ada kelompok yang menentang hukuman mati bagi ketiga pelaku bom bali tersebut, artinya mereka tidak saja merupakan pendukung terorisme – ingat bukan karena hukuman matiĀ  bertentangan dengan kemanusiaan, tetapi artinya mereka justru tidak memikirkan penderitaan korban tragedi bom bali tersebut , termasuk perasaan kerabat dari mereka yang menjadi korban plus komunitas masyarakat bali yang terkena imbas kebiadaban tersebut. Sebuah pelajaran berharga bagi seluruh komponen masyarakat bahwa bagi mereka yang melakukan tindakan kekerasan apalagi dapat mengancam integrasi memang tidak layak untuk hidup di bumi pertiwi ini.

Rasionalitas dan Kemakmuran adalah Obat Bagi Terorisme

Kemiskinan dan kesulitan secara ekonomi dapat membuat seseorang kehilangan rasionalitas. Perampokan, pencurian dan penjarahan merupakan efek dari kehilangan sikap rasionalitas tersebut. Namun tidak berhenti sampai di situ, bagi sebagian orang mereka akan mengharapkan mukjizat bagi penyelesaian permasalahan dengan kembali ke agama. Sebuah tindakan yang tidak bisa disalahkan. Hanya saja kerap dari mereka yang justru terjerumus kedalam ektrimisme dimana mereka yang kembali “ke agama” malah dibujuk dan dijadikan alat bagi sekelompok orang untuk melakukan tindakan gila dan merugikan atas nama agama dengan iming iming kemakmuran di kehidupan lainya tanpa perlu berpikir panjang.

Seandainya krisis ekonomi tahun 97 tidak meluas hingga terciptanya krisis politik 98 dan berujung pada krisis multidimensi berkepanjangan, niscaya tindakan ektrimisme yang dilakukan oleh orang orang yang telah frustasi akibat krisis kemakmuran berubah menjadi kelompok orang yang mengharapkan penyelesaian masalah dengan jalan pintas, salah satunya menjadi teroris dengan mengharapkan janji surga. Mereka tidak saja telah kehilangan sikap rasional tetapi juga merusak tatanan hidup dan mengancam disentegrasi bangsa! Kemakmuran, kesetabilan ekonomi dan demokrasi yang terdidikĀ  merupakan solusi lanjutan merupakan penopang jangka panjang bagi pencegahan tindakan irasional yang berbasis ekstrimisme tidak saja di indonesia tetapi juga di dunia!

About these ads

Responses

  1. islam adalah rohmatan lil ngalamin.kenapa mereka bunuh orang yang tak bersalah.bunuh saja pemimpinnya yang mereka anggap sbagai musuh mereka.jangan orang yang gak tahu apa apa dijadikan korban.dasar pengecut lo

  2. terorisme sudah ada sejak dulu…kemakmuran tidak menjamin mencegah timbulnya terorisme.biangnya terorisme sendiri “OSAMA” bukanlah orang yg miskin,siapa yg tidak mengenal keluarganya? Banyak sebab orang melakukan tindakan terorisme.Ingat…zaman penjajahan dulu pejuang kemerdekaan juga dianggap teroris,penjahat dan sebutan lainnya.

    lalu apakah teroris seperti amrozy adalah pejuang? sekali lagi antara pejuang dan teroris adalah simbiosis mutualisme yg menjadi parasit bagi pihak yg berada di luarnya.teror juga biasa digunakan oleh pihak yg berkuasa….bedanya pihak yg berkuasa memiliki pembenaran di atas kertas…sedangkan “teroris” melakukan pembenaran atas apa yg masuk dalam otaknya.

    kesalahan teroris semacam Osama,Amrozy dan lain-lain adalah…karna mereka menggunakan nyawa orang yg tidak terlibat untuk melawan penguasa.Ibarat pertarungan tinju bebas…..mereka juga meninju penonton atau bukan penonton di sekitarnya.

    lalu apa peran agama dalam hal ini? Agama itu ibarat bahan bakar yg membakar semangat mereka.Masih banyak bahan bakar lainnya yg bisa dipakai,misalnya RAS,KELOMPOK,NEGARA,DUIT,dan lain-lain.

  3. Apakah betul sudah di eksekusi?
    Mana buktinya??… berita?.. agak sulit dipercaya..

  4. setuju karna banyak sekali tindakan “ekstrim” yang (CMIIW) disebabkan oleh kesenjangan sosial.
    ketidakmampuan untuk menggunakan rasio dan common sense dan kurangnya informasi (saya tidak tega bilang kebodohan) serin membuat orang memilih untuk percaya pada “pencerahan” yang kelam.
    pengalaman pribadi, di daerah dengan semangat disintegrasi, seorang tokoh mengumpulkan pemuka dan tua-tua masyarakat dan mengadakan dialog via HP dengan sekjen PBB dengan bahasa indonesia+logat daerah kental.
    atau seorang PNS yang “kurang puas” meminta saya menghubungi “saudaranya” yang menikah dengan pemimpin prancis

  5. emang pantes dihukum mati. tapi koq heran saya…..banyak yang mengidolakan mereka (teroris) sebagai pahlawan ya? kemunduran kecerdasan & rasionalitaskah?

  6. saya setuju amrozi cs dihukum mati karena dia membunuh orang banyak.

  7. Amrozi cs dieksekusi, kalian bilang pantas.. kenapa waktu tibo cs dieksekusi pada bilang tidak sesuai HAM lah… hukuman mati tidak beradab dll..
    Kemakuran ga cukup. yang paling penting yaitu keadilan!!

  8. @ Ala

    bisa disebutkan siapa yang bilang eksekusi tibo cs tidak pantas ? jadi terbukti mana yang asal ngomong mana yang fitnah !

  9. apa hubungannya perbuatan amrozy cs dengan tingkat kemakmuran/ekonomi yang rendah..
    mereka mengebom bukan untuk merampok kok.

    justru perbuatan yang mereka lakukan karena tidak ada KEADILAN terhadap umat islam yang di tindas/dijajah di belahan dunia lain tanpa ada pengadilan bagi para agresor,

  10. @ Geger

    lalu apa hubungan antara ketidak adilan dengan membunuh ratusan rakyat sipil yang tidak berdosa dinegara sendiri ?

  11. ratusan rakyat sipil yang mana
    WNI atau WNA… ?

    kan yang kena bom lagi pada bermaksiat ria.. hi hi hi
    kok di bilang gak berdosa..
    tau darimana ?

    lagian korban yang banyak di bom kan dari bangsa penjajah..

    wajar dong sipil balas sipil…

  12. @ geger

    maksiat versi siapa ? Dosa versi siapa ?

    Nggak ada yang bisa membuktikan secara ilmiah definisi maksiat dan dosa, tetapi yang jelas membunuh orang lain tanpa alasan apalagi sipil yang jelas itu mutlak salah !

    Australia menjajah indonesia ? wah saia baru dengar itu!
    padahal saia aja yang tinggal di australia taunya bangsa indonesia yang menjajah australia dari segi ekonomi !

    sipil bales sipil ? apa maksudnya tuh ?

  13. Ada yang pengen nanya nih,dari mana dalil orang-orang yang bermaksiat penyelesaiannya harus di bom,lalu hal itu dianggap sebagai sesuatu hal yang benar dan sah?…

    Yang ane denger dari ustadz sih,sebagai muslim ketika ingin merubah sebuah kemungkaran harus melihat bagaimana yang syariat jelaskan dan bukan dengan hawa nafsu.Banyak contoh yg bs kita ambil dari riwayat hidup junjungan kita Nabi Muhammad SAW,seperti ada seorang arab badui yang kencing di masjid,kemudian para sahabat marah dan hampir memukul orang tersebut karena dianggap itu adalah dosa,maksiat dan sesuatu yang mungkar.lalu kemudian dengan penuh kelembutan dan kasih sayang junjungan KIta Nabi Agung Muhammad SAW memberi contoh kepada para sahabat bagaimana menghadapi sikap orang badui yg demikian..tentu cerita ini sampeyan dh pada mafhum.

    Orang yang tiap saat meludahi Rosulullah SAW ketika beliau hendak ke masjid,pun akhirnya masuk islam karena Rosulullah SAW sang teladan kita benar2 telah mengajarkan orang tersebut bagaimana nilai2 islam yang sebenarnya.Kebencian dan rasa permusuhan orang yahudi tersebut kepada Rosulullah SAW tidak membuat beliau yg mulia balik membenci dan memusuhinya…Beliau datang dan menjenguk si yahudi itu dan akhirnya hidayahpun datang sehingga yahudi itu masuk islam.

    Islam melarang berbuat kekerasan tanpa ada alasan syar’i.Al Qur’an menjelaskan kepada kita :”Walaa taqtulunnafsa llatii harromalloohu illaa bil haqq…Jangan kalian membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan haqq”.

    Rosulullah SAW bersabda:”Man adzaa dzimmiyyan faqod aadzaanii…”barang siapa yang menyakiti kafir dzimmi,maka benar2 dia telah menyakiti aku”.Nabi SAW sampai menggunakan kata “qod” dalam kalimat “faqod”,ini memberi penjelasan kpd haramnya kita menyakiti kafir dzimmi.Bahkan dalam riwayat lain Rosulullah SAW mengatakan :”Barang siapa yang menyakiti kafir dzimmi,aku tidak akan mengakui dia sebagai umatku kelak di akhirat”..Betapa tinggi nilai kasih sayang agama kita ini,bukan hanya kewajibn kepda sesama muslim kita berkasih sayang tapi juga kepada siapapun.

    Jika kita mencintai Nabi kita,mari kita ikuti sunah2nya,meniru akhlak dan dakwahnya agar kita kelak diakhirat diakui sebagai umatnya dan mendapt syafa’atul udzma yang beliau janjikan kepada mereka yang mengikutinya.

    Membunuh tanpa haqq adalah berdosa dalam pandangan agama dan sama sekali bukan pahlawan.apalagi memakai istilah sng pembunuh disebut syahid.

    Sebuah pelajaran berharga buat kita semua,bahwa kekerasan sama sekali bukan jalan utama dalam penyelesaian sebuah permasalahan,apalagi dalam prinsip2 dakwah.

    Allah SWT berfirman kepada Rosul-Nya:”Wamaa arsalnaaka illaa rohmatan lil ‘aalamiin”..Tidak sekali-kali kami mengutusmu (muhammad),melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam”.Inilah nilai luhur yg ada pada islam,kasih sayangnya mengglobal dan untuk seluruh dunia.Wujudkan kasih sayang ini pada diri kita,keluarga kita,saudara kita,bangsa kita dan setiap makhluk tuhan yang ada di dunia ini.

    Sebagai muslim saya tetap mendoakan semoga Amrozi cs diampuni oleh Allah SWT.

  14. @ antiza

    coba baca buku aku melawan teroris

  15. yang salah itu yaaa………….
    orang2 kafirnya bermaksiat………
    suatu saat nanti saya juga akan berjihad
    KAMI BUKAN TERORIS
    JANGAN SAMAKAN DENGAN KAUM ZIONIS

  16. Suatu saat nanti saya sendiri akan menghancurkan umat Yahudi & Nasrani….
    Lihat saja nanti……….

    Tunggulah ajal Israel……….

    Islam adalah Rahmatan li alamiiinn……..
    Islam bukan teroris seperti kaum Zionis…..
    Kekejaman dan penindasan bertentangan dalam islam……..

    Allahu Akbar……….

  17. @ Usamah & Muzzaki

    anda menggunakan dua nama berbeda, padahal IP adress anda sama : 125.164.249.47, harap tidak diulangi lagi. karena membuat anda terlihat bodoh !

  18. ah…teroris dgn kedok agama, hanya-la bentuk ekstrim dari “selfishness”.
    Mau masuk surga dgn membunuh dgn di-labelin jihad, itu tetap sebuah “selfishness”.
    Yang namanya “selfishness” selalu mementingkan kebahagiaan diri di atas Tuhan dan sesama manusia.

    Kemakmuran bukan garansi tidak ada terorisme, tapi hanya membuat mudah benih terorisme saja.

    Selama tetap ada “self righteousness” yg radikal, maka “terorisme” tetap ada juga dgn berbagai bentuk termasuk yg ekstrem kaya’ si amrozi cs

  19. Udahlah jangan bersitegang urat leher, saling berargumen satu sama lain, semua berpeluang benar… bukankah hasil ijtihad benar atau salah dapat pahala?
    Golongan yang berIslam keras seperti Amrosi cs, atau mungkin FPI, dan lain sebagainya yang jumlahnya tidak sedikit, janganlah mengklaim surga milik golongan anda, dan merasa yang lain belum mendapat hidayah…
    Jangan begitu kasian aku ya?
    Dan bagi mereka Yang liberal atau sekuler jangan sok sokan jadi yang paling pinter, merasa udah hafal hadits dan al-qur’an, merasa sudah tau asal usul Islam, merasa diri sudah pantas dan memenuhi syarat jadi Mujtahid seperti Imam Syafi’i dan ulama’ salaf lainnya…
    Jangan begitulah manusia mulia itu tidak cukup pinter otak saja…
    Jangan – jangan kita ini ibarat orang buta yang ingin tahu bentuk gajah, yang satu ngotot kalau bentuk gajah itu kecil kayak ular padahal yang ia pegang ekornya, dan yang lain bilang bentuk gajah itu lebar karena yang mereka pegang telinganya.
    Aku baca tulisan kalian di atas sama saja dengan orang buta itu, KOSONG, FANATIK…
    Udahlah keyakinan kalian itu kalian yakini sendiri dan praktekkan sendiri dulu, baru ngajak orang lain…

  20. Masalahnya bukan sekedar buta atau fanatik atau kosong….tetapi sewaktu seseorang menjadi ekstrem agamawi pasti akan melakukan apa saja yang berlawanan dengan hukum morallah. Sejarah sudah membuktikan hal yang demikian.

  21. mereka adalah inspirasiku,
    dan aku ingin mati seperti mereka,
    maka bunulah aku sekarang,
    bila tidak,besok aku akan membunuhmu.

    hujan turun mengiringi pemakaman Dr.Ashari.
    karena langit bersedih.
    Tanahpun jadi hangat saat penguburannya,
    karena mereka bangun menyambutnya.
    3 elang menyambut kedatangan Amrozi cs,
    mengusir segala penghalang jalan mereka.
    seperti cerita Nabi Sulaiman akan semut.

  22. tak pantas rasanya dhea berkata seperti ini
    dhea coba renungkan sekali lagi untuk siapa bom itu? sehingga mereka yang tak tau apa2 jadi korban ledakan jika ingin berjihad ada aturan mainnya

  23. semua orang yg anggap teroris itu “pahlawan”, “jihad” dll itu karena kalian itu bego dan kere/kurang duit, kalau saja anda pintar dan makmur ga akan mungkin sempet mikir yg gituan. Ngaku aja?? apalagi geger harusnya ditambah geger-otak sehingga semua terlihat terbalik olehnya….

    Hari gini mau jd pahlawan kesiangan??? pikirin ortu/anak bini/keluarga sudah pada dikasih makan/bayar sekolah/bayar listrik?

  24. Teroris akibat radikalisme itu masalah keyakinan. One way ticket. Sangat susah untuk mengembalikan ke alur pikir rasional atau normatif.
    Maka, lebih baik kita bantu untuk mewujudkan cita2 mereka. Bagi pelaku aktif sudah langsung jadi pengantin ketika bom meledak. Bagi pelaku non-aktif jika tertangkap langsung kita jadikan pengantin. Ya dieksekusi mati aja.

  25. kalian biadab melaksanakan hukuman pada orang tak bersalah, CIA yang bikin Bom Bali I

    • erman jembut tolol abis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: